Peran Lembaga Bantuan Hukum di Indonesia

Peran Lembaga Bantuan Hukum di Indonesia

Posted on by volunter

Faktanya, sekarang ini pengacara tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang menengah ke atas saja. Kalangan menengah ke atas memang sering bersinggungan dengan hukum, khususnya untuk mengurus masalah pekerjaan atau masalah lain yang membutuhkan bantuan advokat. Akan tetapi, sekarang ini bahkan orang biasa juga membutuhkan bantuan advokat. Sayangnya, biaya sewa pengacara di Indonesia masih sangat mahal. Mahalnya biaya konsultasi pada advokat membuat sebagian besar orang Indonesia masih bingung mengurus hal-hal yang berhubungan dengan hukum, misalnya pajak. Untuk itu, harus ada sesuatu yang menjembatani kesenjangan hukum seperti ini. Untuglah di Indonesia ada yang namanya Lembaga Bantuan Hukum. Dengan lembaga ini, diharapkan masyarakat bisa mengakses info mengenai hukum dan peradilan.

Apa itu lembaga bantuan hukum atau yang sering disingkat dengan LBH? Lembaga bantuan hukum adalah sebuah lembaga nonprofit yang bertugas untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu khususnya karena mencari agen bola di Indonesia. Lembaga ini didirikan tidak untuk mencari keuntungan, tetapi secara sukarela membantu masyarakat. Dengan begitu, masyarakat yang buta hukum dapat konsultasi secara gratis kepada advokat atau pengacara yang ada di LBH. Asal masyarakat jeli mencari informasi tentang LBH, di beberapa daerah sudah dibangun kantor Lembaga Bantuan Hukum yang siap memberikan informasi atau solusi terkait masalah hukum. Dengan adanya lembaga ini, diharapkan masyarakat tidak lagi buta hukum. Keadilan adalah milik semua lapisan, tidak hanya mereka yang punya uang saja.

Lembaga Nonprofit

Peran dan Fungsi lembaga bantuan hukum sangat kompleks. Pertama, memberikan layanan umum kepada publik, khususnya publik. Supaya masyarakat yang tergolong tidak mampu bisa mengakses info hukum, lembaga bantuan hukum akan memberikan informasi secara gratis kepada mereka. kedua memberikan social education. Pada poin kedua ini, lembaga bantuan hukum akan secara sukarela memberikan penjelasan-penjelasan dan petunjuk-petunjuk kepada masyarakat agar masyarakat lebih sadar dan mengerti tentang hak-hak dan juga kewajiban-kewajibannya secara hukum. Ketiga, perbaikan tertib hukum. Lembaga bantuan hukum berperan dalam memberikan koreksi terhadap kepincangan-kepincangan tindakan para penguasa yang merugikan masyarakat.

Tak hanya tiga peran di atas, lembaga bantuan hukum juga siap memberikan pembelaan kepada masyarakat kurang mampu yang terjerat masalah hukum. Keadilan adalah milik semua orang, bukan hanya milik mereka yang punya uang. Sekarang ini, kita bisa melihat sendiri wajah hukum yang tajam ke bawah tumpul ke atas. Artinya, hukum lebih keras dan lebih menyakitkan untuk mereka yang tidak memiliki kuasa atau tidak memiliki uang. Supaya memperoleh keadilan yang sama, masyarakat harus paham tentang hukum. Setidaknya, mereka harus tahu di mana tempat yang bisa memberikan pembelaan kepada mereka. Jika tak bisa menyewa pengacara, masyarakat bisa meminta pembelaan kepada lembaga bantuan hukum di daerah mereka.

Tercatat ada setidaknya 310 Organisasi bantuan hukum, termasuk Lembaga bantuan hukum. Jumlah tersebut memang tidak merata. Meski begitu, setidaknya ada satu organisasi bantuan hukum di setiap propinsi. Masyarakat yang bermain poker online dan juga merupakan kalangan tidak mampu bisa berkonsultasi secara gratis di organisasi atau lembaga tersebut. Selain itu, beberapa lembaga bantuan hukum juga menyediakan konsultasi secara online. Kemudahan mendapatkan akses informasi seputar hukum diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Jangan sampai masyarakat ada yang merasa tidak mendapatkan keadilan hanya karena tidak mampu menyewa seorang pengacara. Masih ada lembaga bantuan hukum yang akan membantu mereka menyelesaikan masalah hukum yang menimpa masyarakat tidak mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *