Samuel Leibowitz Seorang Pengacara Teladan

Samuel Leibowitz Seorang Pengacara Teladan

Pengacara adalah salah satu profesi mulia yang kerap disebut sebagai profesi penuh pengorbanan. Untuk itulah, jasa seorang pengacara bisa sampai melambung tinggi karena beban pekerjaan yang ditanggungkan. Namun, tidak setiap orang bisa menyewa pengacara untuk setiap permasalahan hukum yang menimpanya. Terutama bagi orang kecil, menyewa pengacara adalah salah satu beban tersendiri dalam kewajibannya menyelesaikan perkara di meja hijau.

Adalah Samuel Leibowitz, seorang pengacara kelas atas yang telah memenangkan kasus berat dalam jumlah yang banyak, yaitu lebih dari 70 kasus pada saat ia masih berumur 36 tahun. Pria ini merupakan pria asli keturunan kaum Yahudi. Pria ini terkenal sebagai pengacara yang teladan, karena rela melakukan pembelaan hukum kepada orang-orang yang tertindas tanpa bayaran sedikitppun, meskipun ia telah biasa menolong para pejabat dengan bayaran yang tidak kurang dari 10 ribu dolar. Hatinya yang begitu mulia ini kerap menjadikan Leibowitz sebagai salah satu pengacara kondang yang sangat disegani masyarakat kecil.

Salah satu kasus Samuel Leibowitz yang menjadi perhatian publik karena keberanian dan kerendahan hatinya untuk menjadi pengacara yang tidak dibayar adalah sebuah kasusu pembunuhan atas nama Harry L. Hoffman. Pria ini dituduh sebagai seorang pembunuh dan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka hingga menerima hukuman selama 20 tahun penjara di salah satu penjara di New York. Bahkan, kasus Harry ini sempat terbengkalai hingga ia mendekam 5 tahun di penjara, hingga pada akhirnya Harry memutuskan untuk mengirimkan surat tulisan tangan kepada Samuel Leibowitz tentang keluh kesah hukuman yang menimpanya. Setelah mendapatkan surat berisikan curahan hati dan permintaan pertolongan Harry kepada Samuel Leibowitz, Samuel Leibowitz pun tergugah hatinya untuk menolong mantan operator film bioskop tersebut. Bahkan, tepat setelah membaca tulisan cerita dari Harry, Samuel Leibowitz langsung mendatanginya di penjara tempat dia dihukum dan mengatakan pada Harry bahwa ia akan menolongnya secara gratis.

Samuel Leibowitz adalah pengacara kelas dunia yang terkenal akhir dalam pertarungan meja hijau, dan kasus Harry ini pun akhirnya dapat dimenangkan. Samuel Leibowitz memiliki cara yang anggun ketika meyelesaikan sebuah perkara, dan sifat ini pun ia turunkan saat menangani kasus Harry. Dengan sempurna, Samuel Leibowitz dapat membuktikan bahwa Harry tidak bersalah dengan cara membandingkan peluru tembakan yang dimiliki Harry dengan peluru tembakan yang ada pada korban saat pembunuhan berlangsung. Dengan uji ballistik, pria ini berhasil membuktikan bahwa peluru untuk menembak korban bukanlah peluru Harry. Ditambah, Harry adalah seorang kidal, dan motif tembakan yang ada pada korban adalah motif tembakan yang dilakukan dengan tangan kanan tersangka. Dengan begitu, Harry pun dibebaskan atas tuduhannya berkat kebaikan hati Samuel Leibowitz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *