volunteerlawyersnetwork – Jika Anda tertarik untuk menjadi pengacara, baca terus untuk mengetahui tentang persyaratan pendidikan dan lisensi, potensi gaji, dan pertimbangan lain untuk memasuki bidang hukum yang menantang namun bermanfaat.

Proses Menjadi Pengacara: Peta Jalan Pendidikan dan Karir – Pengacara adalah profesional yang sangat terlatih dalam semua aspek hukum, meskipun mereka mungkin berspesialisasi dalam satu bidang hukum, seperti perkebunan, cedera pribadi, perusahaan, kekayaan intelektual, hukum pidana atau perdata, dan sebagainya. Bagan di bawah ini memberikan gambaran umum tentang profesi ini dan diikuti dengan langkah-langkah terperinci untuk menjadi seorang pengacara.

Proses Menjadi Pengacara: Peta Jalan Pendidikan dan Karir

Proses Menjadi PengacaraPeta Jalan Pendidikan dan Karir

Langkah-Langkah Menjadi Pengacara: Persyaratan Pendidikan

Proses menjadi pengacara dimulai dengan mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi atau universitas yang terakreditasi. Anda dapat melanjutkan menjadi pengacara dengan jurusan sarjana apa pun, tetapi harus mengambil kursus di berbagai bidang termasuk sejarah, pemerintahan, bahasa Inggris, ilmu politik, dan ekonomi.

Siswa yang ingin mendalami topik hukum sebelum menghadiri sekolah hukum memiliki pilihan untuk mengambil kursus hukum online secara non-kredit atau mereka bahkan dapat memperoleh sertifikat pascasarjana atau gelar master di bidang khusus seperti hukum tata negara sebelum menghadiri sekolah hukum. sebelum masuk sekolah hukum. Namun, sekolah hukum tidak memerlukan opsi ini dan siswa dapat melanjutkan langsung dari sarjana ke sekolah hukum jika mereka mau.

Calon pengacara harus menghadiri sekolah hukum yang diakreditasi oleh American Bar Association. Untuk diterima, Anda harus lulus Tes Masuk Sekolah Hukum (LSAT). Kursus persiapan LSAT tersedia secara online dan tatap muka.

Sekolah hukum biasanya berlangsung tiga tahun, setelah itu lulusan mendapatkan gelar Juris Doctor (gelar JD). Sekolah hukum biasanya melibatkan satu tahun studi umum di bidang hukum yang luas, diikuti oleh dua tahun kursus di bidang khusus studi hukum.

Beberapa negara bagian mengizinkan calon pengacara untuk bolos sekolah hukum, asalkan kandidat menyelesaikan magang yang disetujui dan lulus ujian pengacara. Namun, ini adalah rute yang sangat tidak biasa untuk menjadi pengacara.

Persiapan Pengacara di Luar Kelas

Sementara pendidikan pengacara sangat penting, pengalaman hukum di luar kelas juga bisa sangat berguna untuk membantu kandidat mencari pekerjaan nanti. Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman adalah dengan mengikuti kompetisi percobaan tiruan sebagai mahasiswa hukum, sarjana atau bahkan siswa sekolah menengah.

Persidangan tiruan melibatkan kasus pengadilan fiktif di mana tim hukum mahasiswa melakukan persidangan teoretis, terkadang dengan hakim sungguhan atau profesional hukum lainnya yang menilai kinerja masing-masing tim. Turnamen kejuaraan uji coba tiruan perguruan tinggi tingkat nasional yang sangat kompetitif diadakan setiap tahun.

Baca Juga : Bagaimana Pemahaman Bisnis Seorang Pengacara Menambah Nilai Bagi Klien?

Magang di firma hukum (atau dalam hukum pidana, di kantor jaksa wilayah atau pembela umum) adalah cara lain yang berharga bagi mahasiswa hukum untuk mendapatkan pengalaman dunia nyata yang dapat meningkatkan prospek pekerjaan mereka. Hal yang sama berlaku untuk bekerja sebagai panitera untuk hakim, meskipun panitera mungkin hanya terbuka untuk mereka yang sudah memiliki gelar sarjana hukum. Pekerjaan hukum dunia nyata apa pun yang terbuka untuk mahasiswa hukum dapat membantu membuka jalan menuju pekerjaan nanti.

Tes Menjadi Pengacara: Ujian Bar

Untuk berlatih hukum, Anda harus lulus ujian pengacara tes ketat yang mengukur pengetahuan hukum kandidat secara keseluruhan. Ujian pengacara berbeda dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya dan biasanya dilakukan selama dua hari. Banyak negara bagian telah mengadopsi Uniform Bar Exam (UBE), yang disiapkan oleh National Conference of Bar Examiners. Sementara setiap negara bagian menetapkan skor kelulusannya sendiri dan standar lain untuk menjadi pengacara, UBE merampingkan proses untuk calon pengacara dengan mempertimbangkan lebih dari satu negara bagian untuk berlatih.

Ujian pengacara terkenal sulit untuk dilewati. Di California, yang secara luas dianggap memiliki ujian pengacara terberat, tingkat kelulusan pada 2017 hanya 44%. Di beberapa negara bagian ujian pengacara kurang menantang Oklahoma, misalnya, memiliki tingkat kelulusan 81%. Kandidat sering membayar ratusan dolar, terkadang ribuan, untuk program studi khusus di luar sekolah hukum yang dirancang untuk membantu mereka lulus.

Persyaratan lain untuk mendapatkan lisensi hukum adalah lulus tinjauan karakter moral dan kebugaran Anda. Ini melibatkan penyelidikan tentang sejarah kriminal, tindakan disipliner di perguruan tinggi atau sekolah hukum, atau masalah lain yang mencerminkan standar etika Anda. Jika Anda gagal dalam tinjauan ini, Anda tidak bisa menjadi pengacara.

Jalan Menjadi Pengacara: Apa yang Terjadi Setelah Sekolah Hukum

Jadi Anda mendapatkan gelar sarjana Anda, Anda telah lulus dari sekolah hukum dan Anda telah lulus standar. Selamat Anda adalah seorang pengacara yang menganggur! Idealnya, Anda telah membangun jaringan kontak selama di sekolah hukum. Anda mungkin pernah magang di perusahaan tempat Anda ingin bekerja, sehingga keterampilan Anda sudah diketahui oleh calon majikan Anda. Dan semoga Anda memiliki daftar profesional terkemuka yang dapat merekomendasikan layanan Anda.

Lulusan hukum baru biasanya mulai sebagai rekan tingkat rendah di firma hukum yang menangani kasus-kasus yang relatif kecil. Saat Anda membuktikan diri di tempat kerja, Anda dapat beralih ke kasus yang lebih kompleks dan akhirnya menjadi mitra. Anda juga dapat menyerang sendiri dan memulai firma hukum Anda sendiri. Omong-omong, Anda juga bisa menjadi presiden Amerika Serikat. Dari 45 presiden, tidak kurang dari 25 adalah pengacara. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia politik di tingkat mana pun, gelar sarjana hukum bisa menjadi awal yang baik.

Berapa Penghasilan Pengacara?

Menurut analisis Investopedia dari data Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), pengacara adalah nomor 22 dalam daftar profesi dengan bayaran tertinggi di Amerika. BLS melaporkan pada Mei 2018 bahwa pengacara memperoleh upah tahunan rata-rata (rata-rata) $ 144.230.