Bantuan Hukum Gratis di Negara Hukum, Indonesia

Bantuan Hukum Gratis di Negara Hukum, Indonesia

Menurut Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Kesatuan Republik Indonesia pasal 1 ayat 3, disebutkan secara jelas bahwa Negara Indonesia adalah hukum. Hal ini secara jelas memberitahu kepada kita semua bahwa hukum merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan di Indonesia. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya tanpa pandang bulu di negara kita tercinta ini.

Akan tetapi, pada kenyatannya, masih banyak ketimpangan-ketimpangan yang terkait dengan penegakan hukum bagi masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri, zaman sekarang, hukum berlaku bukan lagi berlandaskan keadilan, tetapi berlandaskan keuangan dan kekuasaan. Banyak warga-warga kecil yang tidak mendapatkan keadilan hukum karena ketidakmampuan mereka untuk menyewa seorang pengacara yang akan membela mereka untuk suatu kasus. Disisi lain, para pejabat-pejabat berkantong tebal bebas menyewa pengacara kondang untuk memenangkan kasus mereka karena dana yang terus mengalir deras.

 

Syarat dan Ketentuan Mendapatkan Bantuan Hukum Gratis

Oleh karena itu, Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) yang bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nasional maupun LBH kedaerahan membuka jasa bantuan pengacara secara cuma-cuma alias gratis kepada orang-orang tertentu. Orang-orang tertentu tersebut ialah orang-orang miskin yang tidak mampu memenuhi hak dasarnya secara layak dan mandiri. Hak dasar tersebut meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan, maupun pendidikan. Lalu, setelah itu, orang yang ingin mendapatkan bantuan hukum gratis dapat memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Pemohon harus membuat surat permohonan bantua hukum secara tertulis yang berisi tentang identitas dan uraian singkat mengenai kasus yang menjerat pemohon.
  • Pemohon menyerahkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kasus tersebut.
  • Pemohon melampirkan surat keterangan tidak mampu untuk menyewa pengacara kepejabat setempat seperti RT, RW, maupun lurah.
  • Pemohon membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk.
  • Jika terdapat halangan untuk meminta bantuan secara tertulis, pemohon dapat mengajukan permohonan secara lisan atau langsung.

Hal diatas merupakan beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila Anda ingin mendapatkan bantuan hukum secara gratis. Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai Lembaga Bantuan Hukum didaerah Anda. Karena setiap daerah memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Tidak usah berkecil hati menjadi orang yang kurang mampu. Karena Negara wajib melindungi orang yang kurang mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *