volunteerlawyersnetwork – Kebangkrutan. Perceraian. Pengusiran. Gugatan perdata. Penagihan hutang. Sayangnya, saat kita membutuhkan bantuan hukum profesional belum tentu saat kita mampu membeli pengacara.

Bagaimana Pengacara Relawan Bekerja – Pada saat itu, seorang pengacara sukarelawan mungkin dapat membantu. Pengacara sukarelawan adalah profesional yang menyumbangkan waktu mereka untuk membantu orang yang membutuhkan. Seorang pengacara sukarelawan memberikan jasanya secara pro bono.

Bagaimana Pengacara Relawan Bekerja

Bagaimana Pengacara Relawan Bekerja

“Pro bono” tidak selalu sama persis dengan “gratis”. Menerima bantuan dari pengacara sukarelawan sering kali mengharuskan Anda membayar sedikit biaya administrasi dan melengkapi aplikasi. Anda mungkin bertanggung jawab atas biaya administrasi tertentu lainnya, seperti biaya salinan dan pengarsipan. Jika kasus Anda dibawa ke pengadilan, Anda harus membayar biaya pengadilan [sumber: VLA of Massachusetts]. Tetapi jumlah ini adalah sebagian kecil dari biaya untuk mempertahankan pengacara harga penuh untuk layanan ini.

Meskipun Anda mungkin dapat menemukan asosiasi atau sumber daya sukarelawan pengacara di kota Anda, seorang pengacara sukarelawan tidak akan selalu dapat membantu Anda. Banyak kelompok pengacara sukarelawan beroperasi sebagai pusat hukum kemiskinan. Sebelum menerima layanan mereka, Anda harus memastikan bahwa penghasilan Anda di bawah tingkat kualifikasi.

Jenis bantuan hukum yang Anda butuhkan juga dapat menjadi faktor apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pro bono. Kasus kriminal kemungkinan besar tidak memenuhi syarat (walaupun Anda bisa mendapatkan pembela umum jika perlu). Kasus-kasus di mana biaya dipertaruhkan seperti malpraktik, kompensasi pekerja, atau cedera pribadi biasanya juga tidak mungkin [sumber: Volunteer Lawyers Network ].

Pengacara sukarelawan juga dapat membantu organisasi nirlaba terutama organisasi seni dengan masalah hukum seperti pendirian, permohonan status federal 501(c)(3), konflik kepentingan dan kebijakan kekayaan intelektual, anggaran rumah tangga, dan dokumen pendirian lainnya. Organisasi nirlaba juga dapat menghadapi pembatasan pendapatan, yang biasanya didasarkan pada anggaran operasional organisasi. Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana pengacara sukarelawan membantu seni, serta beberapa cara pekerjaan tanpa pamrih ini membantu pengacara sukarelawan. Baca terus.

Baca Juga : Pengacara Memiliki Kewajiban Untuk Mengungkapkan Otoritas Hukum

Pengacara Sukarela untuk Seni

Artis yang kelaparan adalah stereotip yang menyedihkan dan sayangnya akurat. Dengan pengecualian industri besar seperti Broadway spektakuler, film Hollywood dan label rekaman, sebagian besar organisasi seni AS mengikuti model bisnis nirlaba, mengandalkan hibah dan sumbangan amal untuk pendapatan. Seniman yang bekerja dalam organisasi semacam itu rata-rata menerima bayaran lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang mencari keuntungan. Dalam model bisnis ini, satu masalah hukum dapat berubah menjadi bencana keuangan.

Pengacara sukarelawan untuk seni (VLA) membantu organisasi dan individu. Seperti halnya pusat hukum kemiskinan, kelompok VLA mungkin membebankan biaya administrasi nominal. Layanan lain bekerja berdasarkan keanggotaan. Untuk biaya, nonprofit atau individu menjadi anggota jaringan VLA lokal. Keanggotaan membawa manfaat bantuan gratis atau diskon tajam, serta layanan pendidikan diskon [sumber: VLA New York ].

Salah satu layanan paling berharga yang diberikan grup VLA adalah pendidikan. Situs Web dari banyak grup VLA seperti perpustakaan mini-hukum, menawarkan daftar panjang sumber daya gratis, bacaan yang direkomendasikan, dan informasi lainnya [sumber: VLA New York ]. Pendidikan dapat membantu seniman mencegah masalah hukum sama sekali yang selalu lebih hemat biaya daripada membiarkan masalah kecil berkembang menjadi masalah besar yang perlu diperbaiki.

Pengacara sukarelawan bukanlah manajer, agen, atau akuntan. Mereka tidak memikul tanggung jawab penuh atas karier artis atau pembukuan organisasi. Mereka benar mengharapkan seniman dan organisasi seni untuk bertindak sebagai profesional. Namun dalam dunia hukum hiburan yang khusus dan seringkali membingungkan, grup VLA dapat membantu.

Menemukan Pengacara Relawan

Jaringan dan asosiasi pengacara sukarelawan diatur oleh kota dan negara bagian. Ketik “Relawan pengacara” dan lokasi Anda ke mesin pencari, dan Anda akan dapat menemukan grup di dekat Anda. Jika itu tidak berhasil, coba “Pengacara untuk seni kreatif”. Anda juga dapat menghubungi asosiasi bar negara bagian. Bilah itu sendiri tidak akan memberikan bantuan pro bono, tetapi dapat merujuk Anda ke grup yang dapat menawarkan bantuan. Webzine DWIJ menawarkan direktori pengacara seni sukarelawan di seluruh AS dan Kanada.

Manfaat bagi Pengacara Relawan

Mengapa seseorang yang dapat memerintahkan ratusan dolar per jam memberikan pekerjaannya? Nah, jika Anda pernah menjadi sukarelawan, Anda memahami perasaan sejahtera yang mendalam yang bisa datang dari membantu orang lain. Anda mungkin juga memahami bagaimana rasanya memiliki kewajiban pribadi, filosofis, atau spiritual untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Banyak praktisi awalnya tertarik pada hukum karena rasa keadilan sosial yang mendalam.

Menjadi sukarelawan dapat memberikan pelatihan yang berharga bagi para pengacara. Beberapa kelompok sukarelawan hukum menawarkan lokakarya dan pengembangan profesional untuk anggota mereka [sumber: VLA of Massachusetts]. Seorang pengacara yang mempertimbangkan untuk beralih ke undang-undang hiburan, misalnya, dapat menjadi sukarelawan untuk beberapa kelompok seni untuk mengetahui apakah itu memang pilihan karir yang valid.

Beberapa peluang pengembangan profesional dimulai bahkan sebelum seorang pengacara lulus standar. Beberapa kelompok VLA bekerja dengan sekolah hukum untuk memberikan pelatihan kasus langsung bagi mahasiswa hukum tahun ketiga. Di Atlanta, misalnya, para pelajar ini membantu korban kekerasan dalam rumah tangga [sumber: AVLF ]. Siswa bekerja berdampingan dengan pengacara yang berpraktik, menjadi akrab dengan sistem peradilan setempat dan membantu klien yang mungkin berada dalam keadaan paling sulit dalam hidup mereka. Pengalaman membantu membuat para siswa menjadi pengacara yang lebih baik dan memperkuat komitmen mereka terhadap komunitas mereka.

Dalam kasus kelompok VLA, banyak pengacara adalah pendukung seni yang bersemangat. Menawarkan bantuan profesional memberi mereka kesempatan untuk menjadi lebih akrab dan terlibat langsung dengan komunitas seni mereka. Kesempatan yang sama menarik ribuan CPA untuk menawarkan jasa akuntansi pro bono dan eksekutif bisnis untuk menawarkan konsultasi manajemen melalui kelompok seperti Executive Service Corps [sumber: Clearinghouse for Volunteer Accounting Services , ESCAN ]. Relawan dapat menjalin hubungan yang langgeng dengan organisasi nirlaba yang mereka layani, kemudian menjadi anggota dewan atau donor.

Bahkan jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan hukum pro bono, sebagian besar kelompok hukum sukarelawan memberikan rujukan, banyak di antaranya mempertimbangkan pendapatan. Garis bawah? Jika Anda membutuhkan bantuan hukum, Anda bisa mendapatkannya.