volunteerlawyersnetwork – Pengacara kontrak adalah pengacara yang berspesialisasi dalam hukum kontrak dan mencurahkan sebagian besar praktik mereka untuk menyusun dan meninjau kontrak hukum. Beberapa orang akan menyebut pengacara ini sebagai ‘pengacara meja’ karena mereka sering berada di belakang meja dan bukan di ruang pengadilan. Kontrak hukum adalah tulang punggung bisnis apa pun karena kontrak mengatur hubungan dengan klien, pemasok, karyawan, dan pemegang saham bisnis. Untuk alasan ini, memiliki pengacara kontrak yang berkualitas di tim Anda adalah penting.

Apa itu pengacara kontrak?

Apa itu pengacara kontrak

Apa yang dilakukan pengacara kontrak?

Apa itu pengacara kontrak? – Pengacara kontrak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menyusun dan meninjau kontrak hukum. Kontrak ini bisa untuk bisnis dan individu. Contoh kontrak hukum bisnis termasuk kontrak penjualan, kontrak pemasok, perjanjian kerahasiaan, perjanjian kemitraan, perjanjian kerja dan perjanjian usaha patungan. Contoh kontrak pribadi termasuk surat kuasa, sewa tempat tinggal, dan perjanjian pembelian rumah.

Untuk penyusunan kontrak, pengacara kontrak akan bekerja dengan klien untuk mempersiapkan, membuat, atau memperbarui kontrak sehingga dirancang dengan cara yang sesuai untuk tujuan transaksi. Misalnya, jika klien perlu membuat draf kontrak penjualan untuk lini produk baru, pengacara kontrak dapat mengambil kontrak apa pun yang ada yang digunakan bisnis untuk penjualan dan memperbarui templat ini sehingga mencakup semua masalah bisnis dan hukum untuk lini produk baru.

Untuk tinjauan kontrak, pengacara kontrak akan bekerja dengan klien untuk menganalisis dan memberi nasihat tentang arti kontrak hukum yang ada yang mungkin perlu ditandatangani klien mereka untuk transaksi tertentu. Mengingat kontrak hukum dapat diisi dengan legalese, Anda mungkin ingin menyewa pengacara kontrak untuk membantu menjelaskan kewajiban kontrak dan menyarankan revisi yang mungkin membuat persyaratan lebih menguntungkan bagi Anda.

Pengacara kontrak juga dapat dipanggil untuk membantu memecahkan masalah kontrak. Jika salah satu pihak dalam kontrak gagal memenuhi kewajibannya, pengacara kontrak akan meninjau kontrak yang ada yang mengatur hubungan tersebut dan menganalisis eksposur risiko dan kewajiban yang dimiliki pihak yang melanggar. Pengacara kontrak akan dapat memberi tahu klien mereka tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya – menyelesaikan, menuntut ganti rugi di pengadilan, dll.

Mengapa Anda perlu menyewa pengacara kontrak?

Bekerja dengan pengacara kontrak akan memastikan Anda tidak menciptakan risiko yang tidak perlu untuk diri sendiri atau bisnis Anda.

Untuk proyek penyusunan kontrak, mereka akan memastikan kata-kata, format, dan klausa mengikat secara hukum, dapat diterima di pengadilan, dan bebas dari celah apa pun yang mungkin dapat ditemukan oleh pihak lain dari transaksi tersebut. Dengan kata lain, mereka akan memastikan kontrak Anda ‘sangat ketat’.

Untuk proyek tinjauan kontrak, mereka akan membantu Anda menafsirkan hukum teknis dan menantang sehingga Anda dapat membuat keputusan terbaik apakah akan menandatangani kontrak seperti yang tertulis atau mengusulkan persyaratan yang direvisi yang mungkin lebih menguntungkan Anda.

Baca Juga : Bagaimana Pengacara Relawan Bekerja

Berapa biaya pengacara kontrak?

Banyak pengacara kontrak membebankan biaya per jam untuk merancang dan meninjau proyek. Namun, klien mulai meminta proposal biaya tetap untuk memberi mereka lebih banyak kepastian harga. Ketika pengacara kontrak menagih per jam, klien seringkali tidak tahu berapa banyak uang yang harus dianggarkan untuk proyek tersebut. Proposal biaya tetap menyelesaikan masalah ini.

Upaya yang diperlukan dalam proyek penyusunan kontrak lebih mudah diprediksi, sehingga pengacara kontrak lebih bersedia menawarkan proposal biaya tetap. Pengacara kontrak yang bekerja untuk firma hukum besar dapat mengenakan biaya antara $250 – $500 per jam, tergantung pada kompleksitas kontrak dalam ruang lingkup. Bahkan ada pengacara kontrak yang merupakan firma besar yang dapat mengenakan biaya di atas $500 per jam. Ada pasar online yang menghubungkan klien dengan pengacara yang membebankan biaya yang jauh lebih rendah karena sebagian besar memiliki praktik solo atau tidak berafiliasi dengan firma hukum.

Di mana pengacara kontrak bekerja?

Pengacara kontrak bekerja untuk firma hukum, dalam praktik mereka sendiri (praktisi tunggal), dan di perusahaan besar sebagai penasihat internal. Anda akan menemukan pengacara kontrak di seluruh 50 negara bagian dan internasional. Pengacara kontrak yang tidak berafiliasi dengan firma hukum besar biasanya memiliki biaya lebih rendah karena organisasi mereka tidak memiliki biaya overhead yang besar untuk ditanggung. Dengan demikian, tarif mereka bisa lebih rendah.

Bagaimana saya bisa menemukan pengacara kontrak di dekat saya?

Cara lama menemukan pengacara kontrak melibatkan pencarian direktori pengacara yang tak terhitung jumlahnya secara online atau meminta teman, keluarga, atau kolega untuk referensi. Kedua metode ini memiliki kekurangannya masing-masing. Menggunakan direktori online akan memberi Anda akses ke pertimbangan pengacara yang lebih besar, tetapi ini bisa sangat melelahkan, dan Anda tidak memiliki informasi tentang harga atau biaya potensial sehingga membuat keputusan tentang siapa yang akan digunakan masih merupakan tantangan. Mengandalkan referral memiliki keuntungan karena Anda dapat menyimpulkan rasa percaya melalui referral dan memiliki transparansi harga. Namun, ini membatasi Anda pada jaringan kecil pengacara yang mungkin bukan pengacara kontrak yang paling tepat untuk proyek tersebut.

Cara baru untuk menemukan pengacara kontrak berkualitas tinggi di dekat Anda adalah dengan menggunakan pasar online yang memungkinkan Anda meninjau proposal dan biaya dari pengacara. ContractsCounsel adalah salah satu contoh pasar ini dan membantu menghilangkan semua gesekan yang terlibat dalam menemukan dan mempertahankan pengacara kontrak berkualitas tinggi.