Pastinya Anda sering mendengar istilah relawan, bukan? Ya, istilah relawan memang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian relawan adalah seseorang yang mengabdikan dirinya untuk membantu masyarakat dalam kegiatan sosial. Mereka membantu tanpa meminta imbalan apapun.

Ada berbagai macam jenis relawan. Salah satunya adalah pengacara relawan. Pengacara relawan adalah sebuah profesi yang bertugas untuk membantu masyarakat dalam menegakkan hukum dan membela serta menegakkan hak asasi manusia. Sama hal dengan relawan lainnya, mereka juga berkerja tanpa dibayar.

Jasa pengacara relawan bisa mudah kita temukan di setiap kota di seluruh Indonesia. Mereka siap membantu kapan pun jika dibutuhkan.

Mengenal Tugas Pengacara Relawan

Setiap profesi pastinya mempunyai tugas yang harus dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pekerjaan. Begitu juga dengan pengacara relawan. Sama seperti pengacara pada umumnya, tugas dan tanggung jawab seorang pengacara relawan adalah sebagai berikut ini yaitu :

1. Melakukan wawancara pada klien
Sebelum menangani sebuah kasus, hendaknya para pengacara relawan ini terlebih dahulu melakukan wawancara dengan klien. Mereka bisa melemparkan beberapa pertanyaan kepada klien terkait dengan kasus yang sedang dihadapi.

Pengacara relawan harus benar-benar memahami setiap jawaban dari klien. Dari sinilah, pengacara bisa menarik, meneliti dan mengolah kasus tersebut untuk dirumuskan beberapa pembelaan terhadap klien sesuai dengan hukum perundangan pada sidang pengadilan nantinya.

Baca juga : 7 Fungsi Pengacara Relawan

2. Memastikan klien datang ke pengadilan
Seorang pengacara relawan harus memastikan jika klien bisa hadir ketika sidang digelar. Di sini, pengacara berperan sebagai juru bicara klien dan akan berusaha untuk melakukan pembelaan pada klien.

3. Menulis dokumen hukum dan menyiapkan peryataan pembelaan secara tertulis
Untuk kasus perdata, seorang pengacara harus menyiapkan beberapa dokumen terkait dengan hukum yang akan diserahkan pada saat sidang pengadilan. Selain itu, mereka harus menuliskan semua pembelaan terkait dengan kasus yang dihadapi oleh kliennya.

4. Mewakili klien di pengadilan dan menjawab pertanyaan dari publik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika seorang pengacara relawan menjadi kaki tangan dan juru bicara dari kliennya. Selain itu, mereka juga menjadi orang yang akan menjawab semua pertanyaan yang berasal dari publik terkait kasus yang sedang terjadi. Pada intinya, pengacara relawan tersebut menjadi garda terdepan terhadap kliennya ketika berada di pengadilan atau ketika menghadapi publik.

5. Mempertanyakan seorang saksi pada pengadilan
Dalam sebuah sidang pengadilan pastinya di sana akan menghadirkan saksi. Saksi inilah yang akan menceritakan secara detail terkait dengan kebenaran pada suatu kasus. Seorang saksi akan disumpah terlebih dahulu untuk mengatakan segala hal dengan jujur pada saat ditanya oleh hakim di sidang pengadilan.

Tugas seorang pengacara relawan dapat memberikan pertanyaan kepada saksi atas apa yang mereka katakan. Pengacara juga bisa meminta informasi atau keterangan yang lebih lengkap dari saksi atas apa yang dikatakan kepada hakim saat berada di sidang pengadilan.

6. Melakukan negosiasi
Pada dasarnya, dalam dunia hukum negosiasi memang menjadi hal yang wajar bahkan perlu dilakukan. Yang dimaksud dengan negosiasi ini adalah di mana seorang pengacara relawan bisa melakukan diskusi secara terbuka dengan klien, hakim dan jaksa. Pengacara relawan bisa melakukan negosiasi untuk pembelaan kepada klien.

Itulah tadi tugas dari seorang pengacara relawan. Selain mengayomi masyarakat kecil, mereka juga harus melakukan semua tugas dan kewajiban secara profesional dan tetap menjaga keadilan.

Baca juga : Tujuan Utama Didirikannya Departemen Keadilan dan Kesetaraan di Irlandia

Please follow and like us: